RENCANA PEMBELAJARAN DAN
PENILAIAN (RPP)
I.
Identitas Mata Pelajaran
Nama Sekolah : SMA Negeri 6 Jakarta Selatan
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X (Sepuluh)/ 1 (ganjil)
Alokasi Waktu :
20 menit
|
II. Standar kompetensi
Memahami hakikat
Biologi sebagai ilmu.
III. Kompetensi Dasar :
Mengidentifikasi
ruang lingkup Biologi
IV.
Indikator :
·
Mendeskripsikan karakteristik
Biologi sebagai ilmu
·
Mengidentifikasi cabang-cabang
ilmu Biologi
V. Tujuan Pembelajaran
·
Siswa dapat mendeskripsikan dengan baik dan benar
mengenai karakteristik Biologi sebagai ilmu.
·
Siswa dapat mengidentifikasi macam-macam
cabang-cabang ilmu Biologi yang bermanfaat bagi kesejahteraan manusia dan
lingkungan.
VI. Materi
Pembelajaran
o Biologi
merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan alam yang mengkaji tentang segala
sesuatu yang berkaitan dengan makhluk hidup dan kehidupannya. Melalui biologi,
manusia belajar memahami dan mengenali dirinya, agar menyadari diciptakan
sebagai makhluk Tuhan yang paling sempurna.
o Sifat dan ciri
ilmu adalah
§ memiliki objek,
§ menggunakan
metode,
§ sistematis,
§ universal,
§ objektif,
§ analitis, dan
§ verifikatif.
o Cabang-cabang
Biologi
VII. Sumber Belajar
1. Buku Biologi SMA Kelas X Jilid I, Dyah
Aryulina , Esis, Bab 1
2. Buku lain yang berhubungan dengan hakikat
Biologi sebagai ilmu.
VIII. Metode Pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Tanya
Jawab
IX.
Langkah-langkah Pembelajaran
Fase
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru memberi salam
§ Guru menyampaikan kompetensi dan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai
|
§ Siswa mengucapkan salam
§ Siswa menyimak kompetensi dan tujuan
pembelajaran yang disampaikan guru
|
2 menit
|
|
§ Guru memberikan apersepsi kepada siswa dengan
menanyakan ”apa yang kamu ketahui tentang Biologi?”, “Apakah kalian sedang
bernapas, dapat makan, berkeringat, … ?”
|
§ Siswa diharapkan menjawab pertanyaan yang
diberikan guru dengan mengacungkan jari tangan terlebih dahulu.
|
3 menit
|
Inti
|
§ Guru menjelaskan mengenai hakikat Biologi
sebagai ilmu dan karakteristik Biologi sebagai ilmu.
§ Guru memberikan siswa lembar kerja siswa yang berisi
cabang-cabang ilmu biologi.
|
§ Siswa mendengarkan penjelasan guru
§ Siswa mengerjakan LKS
|
4 menit
|
|
§ Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan
cabang-cabang Biologi tersebut bersama-sama
§ Guru memberikan penghargaan kepada siswa
berupa pujian
|
§ Siswa bekerjasama dan berdiskusi,
kemudian mencatat hasil diskusi pada lks
§ Siswa lain menyimak dengan kritis
§ Siswa menerima pujian dari guru
|
4 menit
|
|
§ Guru membimbing siswa untuk menemukan penjelasan
yang benar mengenai materi pembelajaran hari ini agar dapat memperbaiki
miskonsepsi pada siswa
|
§ Siswa menyimak dan mendengarkan penjelasan
guru
|
5 menit
|
Penutup
|
§ Guru menunjuk satu siswa untuk memberikan
kesimpulan pembelajaran hari ini
§ Guru melengkapi kesimpulan dari siswa
§ Guru memberikan tugas untuk pertemuan
selanjutnya yaitu menjawab soal pada LKS
§ Guru memberi salam
|
§ Siswa memberikan kesimpulan
§ Siswa mendengarkan kesimpulan tambahan
dari guru
§ Siswa mencatat tugas yang diberikan guru
§ Siswa mengucapkan salam
|
2 menit
|
X.
Alat dan Bahan
1. Laptop
2. LCD
3. Spidol
4. Papan tulis
XI.
Penilaian
1.
Keaktifan
siswa
2.
LKS
|
Jakarta, 13 Juni 2011
Guru Biologi,
Nurhayati
3415081964
|
LEMBAR KERJA SISWA
Standar kompetensi : Memahami hakikat
Biologi sebagai ilmu.
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi
ruang lingkup Biologi
Indikator : Mengidentifikasi cabang-cabang
ilmu Biologi
Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat
mengidentifikasi macam-macam cabang-cabang ilmu Biologi yang bermanfaat bagi
kesejahteraan manusia dan lingkungan.
Isilah pengertian dari cabang-cabang Biologi di
bawah ini dengan baik dan benar!
Cabang Ilmu
|
Arti
|
Anatomi
|
Ilmu yang mempelajari tentang bagian-bagian struktur tubuh bagian dalam
makhluk hidup
|
Agronomi
|
|
Andrologi
|
|
Algologi
|
|
Botani
|
|
Bakteriologi
|
|
Biologi Molekuler
|
|
Ekologi
|
|
Embriologi
|
|
Entologi
|
|
Evolusi
|
|
Epidemiologi
|
|
Endokrinologi
|
|
Fisiologi
|
|
Genetika
|
|
Histologi
|
|
Higiene
|
|
Imunologi
|
|
Ichtiologi
|
|
Limnologi
|
|
Mikrobiologi
|
|
Malakologi
|
|
Morfologi
|
|
Mikologi
|
|
Ornithologi
|
|
Patologi
|
|
Palaentologi
|
|
Parasitologi
|
|
Sanitasi
|
|
Sitologi
|
|
Taksonomi
|
|
Teratologi
|
|
Virologi
|
|
SOAL LATIHAN
1. Perbedaan antara ilmu pengetahuan dan pengetahuan biologi terletak pada
....
a. ilmu
mempunyai objek dan metode, pengetahuan tidak
b. pengetahuan
diperoleh melalui penelitian terencana sedangkan ilmu tidak
c.
pengetahuan bersumber pada ilmu, sedangkan ilmu bersumber pada masalah
d.
pengetahuan diperoleh tanpa sengaja dari obyek sedangkan ilmu diperoleh
dari obyek tertentu dengan metode khusus
e.
pengetahuan mempunyai objek tanpa metode sedangkan ilmu mempunyai
objek sekaligus menggunakan metode
tertentu
2. Pengertian biologi yang paling tepat dijabarkan sebagai ilmu ....
a. yang
mempelajari arti dari keseimbangan alam
b. yang mempelajari
makhluk hidup yang ada dan yang pernah ada
c. yang
mempelajari hubungan antara produsen dan konsumen
d. yang
mempelajari semua makhluk hidup yang sekarang ada
e. yang
mempelajari keberadaan jaring-jaring kehidupan di bumi
3. Objek material yang dikaji dalam biologi adalah ....
a. makhluk hidup saja
b. makhluk
hidup dan jasad renik
c.
makroorganisme dan mikroorganisme
d. makhluk
hidup dan yang pernah hidup
e. makhluk
hidup dan makhluk tidak hidup
4. Hal pokok yang membedakan biologi dengan ilmu-ilmu lainnya adalah ....
a.
|
objek dasarnya
|
d. metode yang digunakan
|
b.
|
objek formalnya
|
e. pengetahuan yang mendasari
|
c.
|
objek materialnya
|
|
5. Ruang lingkup biologi yang dalam pengkajiannya memerlukan alat bantu
berupa mikroskop, misalnya ....
a.
|
atom dan molekul
|
d. sel saja
|
b.
|
organel, sel, dan jaringan
|
e. organ
|
c.
|
bioma dan biosfer
|
|
6. Seorang dokter mencatat pada seorang pasien terdapat gejala: suhu
tubuh cenderung tinggi selama 3 hari terakhir, ada keluhan mual dan sakit di
ulu hati, keluar darah dari hidung (mimisan), keluar bintik-bintik merah pada
permukaan kulit. Hasil pemeriksaan laboratorium trombosit sangat rendah.
Berdasarkan gejala tersebut ditegaskan diagnosis pasien terserang penyakit DBD
(deman berdarah dengue), yang penyebarannya melalui perantara nyamuk. Perilaku
nyamuk penyebab DBD merupakan persoalan biologi pada tingkat ....
a.
|
individu
|
d. ekosistem
|
b.
|
populasi
|
e. biosfer
|
c.
|
komunitas
|
|
7. Berikut ini yang bukan manfaat mempelajari biologi secara moral
adalah ....
a. dapat
memanfaatkan sumber daya alam secara bijaksana
b. tidak
mudah percaya dengan hal-hal yang berbau mistik
c. mampu
bersikap ilmiah dalam menghadapi masalah
d.
berani memanfaatkan
hutan dengan sekehendak hati
e. peduli
terhadap keberadaan makhluk hidup di sekitarnya
8. Berbagai upaya untuk peningkatan produksi pangan diantaranya dilakukan
dengan penyilangan berbagai varietas padi untuk mendapatkan bibit padi unggul.
Penyilangan-penyilangan ini merupakan penerapan cabang ....
a.
|
anatomi
|
d. genetika
|
b.
|
morfologi
|
e. ekologi
|
c.
|
fisiologi
|
|
9. Salah satu manfaat biologi yang paling mendasar bagi manusia adalah
....
a.
jumlah penemuan biologi yang semakin banyak
b. mampu
mengurangi dan meredakan permasalahan lingkungan
c.
lahirnya ahli-ahli biologi yang berkecimpung di berbagai kehidupan
d. makin
bertambahnya manusia yang mencintai ilmu biologi
e.
lahirnya sikap manusia yang peduli pada kehidupan diri dan makhluk
lainnya
10. Mekanisme gerakan otot yang dipelajari dalam fisiologi gerak
merupakan cabang ilmu biologi yang juga melibatkan ilmu lain, antara lain ....
a.
|
matematika, dan fisika
|
d. ekologi kimia dan statistik
|
b.
|
kimia dan matematika
|
e. fisika dan geofisika
|
c.
|
kimia dan fisika
|
|
KUNCI JAWABAN
Cabang Ilmu
|
Arti
|
Anatomi
|
Ilmu yang mempelajari tentang bagian-bagian struktur tubuh bagian dalam
makhluk hidup
|
Agronomi
|
Ilmu yang mempelajari tentang
tanaman budidaya
|
Andrologi
|
Ilmu yang mempelajari tentang macam hormon
dan kelainan reproduksi pria
|
Algologi
|
Ilmu yang mempelajari tentang alga atau ganggang
|
Botani
|
Ilmu yang mempelajari tentang tumbuhan
|
Bakteriologi
|
Ilmu yang mempelajari tentang bakteri
|
Biologi Molekuler
|
Ilmu yang mempelajari tentang kajian biologi pada tingkat molekul
|
Ekologi
|
Ilmu yang mempelajari tentang hubungan timbal balik anatara makhluk hidup
dengan lingkungannya
|
Embriologi
|
Ilmu yang mempelajari tentang embrio
|
Entologi
|
Ilmu yang mempelajari tentang serangga
|
Evolusi
|
Ilmu yang mempelajari tentang perubahan struktur tubuh makhluk hidup
secara perlahan-lahan dalam jangka waktu yang lama
|
Epidemiologi
|
Ilmu yang mempelajari tentang penularan penyakit
|
Endokrinologi
|
Ilmu yang mempelajari tentang hormon
|
Fisiologi
|
Ilmu yang mempelajari tentang faal (fungsi kerja) organ tubuh
|
Genetika
|
Ilmu yang mempelajari tentang pewarisan sifat
|
Histologi
|
Ilmu yang mempelajari tentang jaringan tubuh
|
Higiene
|
Ilmu yang mempelajari tentang pemeliharaan kesehatan makhluk hidup
|
Imunologi
|
Ilmu yang mempelajari tentang sistem kekebalan tubuh
|
Ichtiologi
|
Ilmu yang mempelajari tentang ikan
|
Limnologi
|
Ilmu yang mempelajari tentang perairan
|
Mikrobiologi
|
Ilmu yang mempelajari tentang mikroorganisme
|
Malakologi
|
Ilmu yang mempelajari tentang moluska
|
Morfologi
|
Ilmu yang mempelajari tentang bentuk atau ciri luar organisme
|
Mikologi
|
Ilmu yang mempelajari tentang jamur
|
Ornithologi
|
Ilmu yang mempelajari tentang burung
|
Patologi
|
Ilmu yang mempelajari tentang penyakit dan pengaruhnya bagi manusia
|
Palaentologi
|
Ilmu yang mempelajari tentang fosil
|
Parasitologi
|
Ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup parasit
|
Sanitasi
|
Ilmu yang mempelajari tentang kesehatan lingkungan
|
Sitologi
|
Ilmu yang mempelajari tentang sel
|
Taksonomi
|
Ilmu yang mempelajari tentang penggolongan makhluk hidup
|
Teratologi
|
Ilmu yang mempelajari tentang cacat janin dalam kandungan
|
Virologi
|
Ilmu yang mempelajari tentang virus
|
terima kasih, sangat membantu..
BalasHapuswww.kiostiket.com