Entri Populer

Sabtu, 12 Mei 2012

RPP KELAS X BIOLOGI SEBAGAI ILMU


RENCANA PEMBELAJARAN DAN PENILAIAN (RPP)

I.         Identitas Mata Pelajaran
Nama Sekolah             : SMA Negeri 6 Jakarta Selatan
Mata Pelajaran             : Biologi
Kelas/Semester            : X (Sepuluh)/ 1 (ganjil)
Alokasi Waktu                        : 20 menit

II.      Standar kompetensi
Memahami hakikat Biologi sebagai ilmu.

III.   Kompetensi Dasar :
Mengidentifikasi ruang lingkup Biologi
                  
IV.   Indikator :     
·         Mendeskripsikan karakteristik Biologi sebagai ilmu
·         Mengidentifikasi cabang-cabang ilmu Biologi

V.      Tujuan Pembelajaran
·         Siswa dapat mendeskripsikan dengan baik dan benar mengenai karakteristik Biologi sebagai ilmu.
·         Siswa dapat mengidentifikasi macam-macam cabang-cabang ilmu Biologi yang bermanfaat bagi kesejahteraan manusia dan lingkungan.

VI.   Materi Pembelajaran
o   Biologi merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan alam yang mengkaji tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan makhluk hidup dan kehidupannya. Melalui biologi, manusia belajar memahami dan mengenali dirinya, agar menyadari diciptakan sebagai makhluk Tuhan yang paling sempurna.
o   Sifat dan ciri ilmu adalah
§  memiliki objek,
§  menggunakan metode,
§  sistematis,
§  universal,
§  objektif,
§  analitis, dan
§  verifikatif.
o   Cabang-cabang Biologi

VII. Sumber Belajar
1.      Buku Biologi SMA Kelas X Jilid I, Dyah Aryulina , Esis, Bab 1
2.      Buku lain yang berhubungan dengan hakikat Biologi sebagai ilmu.
         
VIII.   Metode Pembelajaran
1.    Ceramah
2.    Tanya Jawab




IX.        Langkah-langkah Pembelajaran

Fase
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Waktu
Pendahuluan
  1. Identifikasi tujuan pembelajaran
§  Guru memberi salam
§  Guru menyampaikan kompetensi dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
§  Siswa mengucapkan salam
§  Siswa menyimak kompetensi dan tujuan pembelajaran yang disampaikan guru

2 menit
  1. Engagement
§  Guru memberikan apersepsi kepada siswa dengan menanyakan ”apa yang kamu ketahui tentang Biologi?”, “Apakah kalian sedang bernapas, dapat makan, berkeringat, … ?”

§  Siswa diharapkan menjawab pertanyaan yang diberikan guru dengan mengacungkan jari tangan terlebih dahulu.
3 menit
Inti
  1. Eksplorasi
§  Guru menjelaskan mengenai hakikat Biologi sebagai ilmu dan karakteristik Biologi sebagai ilmu.
§  Guru memberikan  siswa lembar kerja siswa yang berisi cabang-cabang ilmu biologi.

§  Siswa mendengarkan penjelasan guru
§  Siswa mengerjakan LKS
4 menit
  1. Eksplanation
§  Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan cabang-cabang Biologi tersebut bersama-sama
§  Guru memberikan penghargaan kepada siswa berupa pujian

§  Siswa bekerjasama dan berdiskusi, kemudian mencatat hasil diskusi pada lks
§  Siswa lain menyimak dengan kritis
§  Siswa menerima pujian dari guru

4 menit
  1. Elaboration
§  Guru membimbing siswa untuk menemukan penjelasan yang benar mengenai materi pembelajaran hari ini agar dapat memperbaiki miskonsepsi pada siswa
§  Siswa menyimak dan mendengarkan penjelasan guru
 5 menit
Penutup
§  Guru menunjuk satu siswa untuk memberikan kesimpulan pembelajaran hari ini
§  Guru melengkapi kesimpulan dari siswa
§  Guru memberikan tugas untuk pertemuan selanjutnya yaitu menjawab soal pada LKS
§  Guru memberi salam

§  Siswa memberikan kesimpulan
§  Siswa mendengarkan kesimpulan tambahan dari guru
§  Siswa mencatat tugas yang diberikan guru
§  Siswa mengucapkan salam
2 menit

X.                Alat dan Bahan
1.      Laptop
2.      LCD
3.      Spidol
4.      Papan tulis

XI.             Penilaian
1.      Keaktifan siswa
2.      LKS






Jakarta, 13 Juni 2011
Guru Biologi,



Nurhayati
3415081964


LEMBAR KERJA SISWA

Standar kompetensi : Memahami hakikat Biologi sebagai ilmu.
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi ruang lingkup Biologi
Indikator : Mengidentifikasi cabang-cabang ilmu Biologi
Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat mengidentifikasi macam-macam cabang-cabang ilmu Biologi yang bermanfaat bagi kesejahteraan manusia dan lingkungan.

Isilah pengertian dari cabang-cabang Biologi di bawah ini dengan baik dan benar!
Cabang Ilmu
Arti
Anatomi
Ilmu yang mempelajari tentang bagian-bagian struktur tubuh bagian dalam makhluk hidup
Agronomi

Andrologi

Algologi

Botani

Bakteriologi

Biologi Molekuler

Ekologi

Embriologi

Entologi

Evolusi

Epidemiologi

Endokrinologi

Fisiologi

Genetika

Histologi

Higiene

Imunologi

Ichtiologi

Limnologi

Mikrobiologi

Malakologi

Morfologi

Mikologi

Ornithologi

Patologi

Palaentologi

Parasitologi

Sanitasi

Sitologi

Taksonomi

Teratologi

Virologi





SOAL LATIHAN

1. Perbedaan antara ilmu pengetahuan dan pengetahuan biologi terletak pada ....
a.  ilmu mempunyai objek dan metode, pengetahuan tidak
b.  pengetahuan diperoleh melalui penelitian terencana sedangkan ilmu tidak
c.  pengetahuan bersumber pada ilmu, sedangkan ilmu bersumber pada       masalah
d.  pengetahuan diperoleh tanpa sengaja dari obyek sedangkan ilmu diperoleh dari obyek tertentu dengan metode khusus
e.  pengetahuan mempunyai objek tanpa metode sedangkan ilmu mempunyai objek  sekaligus menggunakan metode tertentu

2. Pengertian biologi yang paling tepat dijabarkan sebagai ilmu ....
a.  yang mempelajari arti dari keseimbangan alam
b.  yang mempelajari makhluk hidup yang ada dan yang pernah ada
c.  yang mempelajari hubungan antara produsen dan konsumen
d.  yang mempelajari semua makhluk hidup yang sekarang ada
e.  yang mempelajari keberadaan jaring-jaring kehidupan di bumi

3. Objek material yang dikaji dalam biologi adalah ....
a.  makhluk hidup saja
b.  makhluk hidup dan jasad renik
c.  makroorganisme dan mikroorganisme
d.  makhluk hidup dan yang pernah hidup
e.  makhluk hidup dan makhluk tidak hidup

4. Hal pokok yang membedakan biologi dengan ilmu-ilmu lainnya adalah ....

a.
objek dasarnya
d.  metode yang digunakan
b.
objek formalnya
e.  pengetahuan yang mendasari
c.
objek materialnya


5. Ruang lingkup biologi yang dalam pengkajiannya memerlukan alat bantu berupa mikroskop, misalnya ....

a.
atom dan molekul
d.  sel saja
b.
organel, sel, dan jaringan
e.  organ
c.
bioma dan biosfer


6. Seorang dokter mencatat pada seorang pasien terdapat gejala: suhu tubuh cenderung tinggi selama 3 hari terakhir, ada keluhan mual dan sakit di ulu hati, keluar darah dari hidung (mimisan), keluar bintik-bintik merah pada permukaan kulit. Hasil pemeriksaan laboratorium trombosit sangat rendah. Berdasarkan gejala tersebut ditegaskan diagnosis pasien terserang penyakit DBD (deman berdarah dengue), yang penyebarannya melalui perantara nyamuk. Perilaku nyamuk penyebab DBD merupakan persoalan biologi pada tingkat ....

a.
individu
d.  ekosistem
b.
populasi
e.  biosfer
c.
komunitas


7. Berikut ini yang bukan manfaat mempelajari biologi secara moral adalah ....
a.  dapat memanfaatkan sumber daya alam secara bijaksana
b.  tidak mudah percaya dengan hal-hal yang berbau mistik
c.  mampu bersikap ilmiah dalam menghadapi masalah
d.  berani memanfaatkan hutan dengan sekehendak hati
e.  peduli terhadap keberadaan makhluk hidup di sekitarnya

8. Berbagai upaya untuk peningkatan produksi pangan diantaranya dilakukan dengan penyilangan berbagai varietas padi untuk mendapatkan bibit padi unggul. Penyilangan-penyilangan ini merupakan penerapan cabang ....

a.
anatomi
d.  genetika
b.
morfologi
e.  ekologi
c.
fisiologi


9. Salah satu manfaat biologi yang paling mendasar bagi manusia adalah ....
a.  jumlah penemuan biologi yang semakin banyak
b.  mampu mengurangi dan meredakan permasalahan lingkungan
c.  lahirnya ahli-ahli biologi yang berkecimpung di berbagai kehidupan
d.  makin bertambahnya manusia yang mencintai ilmu biologi
e.  lahirnya sikap manusia yang peduli pada kehidupan diri dan makhluk lainnya

10. Mekanisme gerakan otot yang dipelajari dalam fisiologi gerak merupakan cabang ilmu biologi yang juga melibatkan ilmu lain, antara lain ....

a.
matematika, dan fisika
d.  ekologi kimia dan statistik
b.
kimia dan matematika
e.  fisika dan geofisika
c.
kimia dan fisika

























KUNCI JAWABAN

Cabang Ilmu
Arti
Anatomi
Ilmu yang mempelajari tentang bagian-bagian struktur tubuh bagian dalam makhluk hidup
Agronomi
Ilmu yang mempelajari tentang  tanaman budidaya
Andrologi
Ilmu yang mempelajari tentang macam hormon dan kelainan reproduksi pria
Algologi
Ilmu yang mempelajari tentang alga atau ganggang
Botani
Ilmu yang mempelajari tentang tumbuhan
Bakteriologi
Ilmu yang mempelajari tentang bakteri
Biologi Molekuler
Ilmu yang mempelajari tentang kajian biologi pada tingkat molekul
Ekologi
Ilmu yang mempelajari tentang hubungan timbal balik anatara makhluk hidup dengan lingkungannya
Embriologi
Ilmu yang mempelajari tentang embrio
Entologi
Ilmu yang mempelajari tentang serangga
Evolusi
Ilmu yang mempelajari tentang perubahan struktur tubuh makhluk hidup secara perlahan-lahan dalam jangka waktu yang lama
Epidemiologi
Ilmu yang mempelajari tentang penularan penyakit
Endokrinologi
Ilmu yang mempelajari tentang hormon
Fisiologi
Ilmu yang mempelajari tentang faal (fungsi kerja) organ tubuh
Genetika
Ilmu yang mempelajari tentang pewarisan sifat
Histologi
Ilmu yang mempelajari tentang jaringan tubuh
Higiene
Ilmu yang mempelajari tentang pemeliharaan kesehatan makhluk hidup
Imunologi
Ilmu yang mempelajari tentang sistem kekebalan tubuh
Ichtiologi
Ilmu yang mempelajari tentang ikan
Limnologi
Ilmu yang mempelajari tentang perairan
Mikrobiologi
Ilmu yang mempelajari tentang mikroorganisme
Malakologi
Ilmu yang mempelajari tentang moluska
Morfologi
Ilmu yang mempelajari tentang bentuk atau ciri luar organisme
Mikologi
Ilmu yang mempelajari tentang jamur
Ornithologi
Ilmu yang mempelajari tentang burung
Patologi
Ilmu yang mempelajari tentang penyakit dan pengaruhnya bagi manusia
Palaentologi
Ilmu yang mempelajari tentang fosil
Parasitologi
Ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup parasit
Sanitasi
Ilmu yang mempelajari tentang kesehatan lingkungan
Sitologi
Ilmu yang mempelajari tentang sel
Taksonomi
Ilmu yang mempelajari tentang penggolongan makhluk hidup
Teratologi
Ilmu yang mempelajari tentang cacat janin dalam kandungan
Virologi
Ilmu yang mempelajari tentang virus


1 komentar: