RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A.   
Identitas
·        
Nama Sekolah                   : SMA Negeri 6 Jakarta
·        
Mata Pelajaran                  : Biologi
·        
Kelas/Program/Semester   : X/1
·        
Standar Kompetensi    : 2. Memahami prinsip-prinsip
pengelompokkan makhluk                   hidup.
·        
Kompetensi Dasar             : 2.5 Mendeskripsikan ciri-ciri dan jenis-jenis Fungi
berdasarkan hasil pengamatan, percobaan dan kajian literature serta peranannya
bagi kehidupan. 
·        
Indikator Pencapaian        :
2.5.1       
Mendeskripsikan ciri-ciri umum kingdom Fungi.
2.5.2       
Mendeskripsikan ciri khusus dari kelas
Zygomycota dan Ascomycota.
·        
Alokasi Waktu: 2 x 35 menit
B.    
Tujuan
Pembelajaran
1.     
Siswa mampu menjelaskan ciri-ciri umum
dari kingdom Fungi.
2.     
Siswa mampu menjelaskan ciri-ciri khusus
dari kelas Zygomycota.
3.     
Siswa mampu menjelaskan ciri-ciri khusus
dari kelas Ascomycota.
C.   
Materi
Pembelajaran
1.     
Ciri-ciri umum kingdom fungi.
2.     
Pengelompokkan kingdom fungi:
a.      
Zygomycota
Jamur-jamur
dalam kelas ini sebagian besar hidup di darat dan di dalam tanah atau pada
bagian tumbuhan dan hewan yang membusuk.
Perkembangbiakan jamur dalam kelas ini adalah perkembangbiakan seksual dengan gametangiogami dari
dua hifa yang saling sesuai dengan menghasilkanzigospora, sedangkan
perkembangbiakan aseksual dilakukan dengan membentuk spora tak berflagel
yang berupa sporangiospora atau konidia. Zygomycota
mempunyai hifa senositik, yaitu hifa yang mengandung banyak inti dan tidak
mempunyai sekat melintang, jadi hifa berbentuk satu tabung halus
yang mengandung protoplast dengan
banyak inti. Seperti halnya jamur lain, zygomycota memproduksi
dinding sel yang
mengandung zat kitin,mereka tumbuh sebagai miselia atau benang-benang yang
disebut hifa. Jamur dalam kelas ini disebut sebagai jamur paling tinggi
dibandingkan dengan kelasAscomycota dan Basidiomycota
b.     
Ascomycota
Divisi ini bercirikan talus yang terdiri dari
miselium bersepta. Reproduksi seksual membentuk askospora di dalam askus. Ada
yang hidup sebagai parasit, yang menimbulkan penyakit pada tumbuhan.
D.   
Metode
Pembelajaran
Metode Cooperative Learning
E.    
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan 1                                        2
x 35 menit
| 
Kegiatan
  Pembelajaran | 
Waktu | 
| 
1.     
  Kegiatan Awal 
·        
  Orientasi: guru menyampaikan
  tujuan pembelajaran kepada siswa. 
·        
  Apersepsi: guru menanyakan siswa
  “Apakah kalian pernah makan jamur? Bagaimana bentuk jamur?”  
·        
  Motivasi: guru memaparkan
  kelompok jamur makroskopis yang dapat dikonsumsi yang merupakan anggota
  kelompok Basidiomycota (demokratis, membangun nilai-nilai kebebasan
  berpendapat, saling menghargai pendapat orang lain dan berpikir positif dalam
  diskusi mengenai Fungi/PK). | 
5
  menit | 
| 
2.     
  Kegiatan Inti 
·        
  Eksplorasi: sebelumnya siswa
  sudah diberikan tugas mandiri tentang Fungi, maka guru menyajikan materi ciri umum Kingdom Fungi dan struktur
  tubuh Fungi dengan mencocokan jawaban siswa pada tugas mandiri Sea Games.  
·        
  Elaborasi:  guru menunjuk
  siswa secara bergantian untuk menjawab pertanyaan yang ada pada tugas
  mandiri,  kemudian guru menanyakan
  alasan/dasar pemikiran pemasangan gambar tersebut. 
·        
  Konfirmasi: dari alasan gambar tersebut guru
  memulai menanamkan/menguatkan konsep/materi sesuai dengan kompetensi yang
  ingin dicapai.  | 
 60 menit | 
| 
3.     
  Kegiatan Akhir 
·        
  Siswa diminta untuk menarik
  kesimpulan dari keseluruhan materi yang telah dipelajari dan dibahas bersama. 
·        
  Guru memberikan tugas untuk
  mengerjakan LKS Bab Fungi. 
·        
  Guru menyampaikan materi yang
  akan dibahas pada pertemuan selanjutnya yaitu tentang Basidiomycota dan
  Deuteromycota. | 
5
  menit | 
F.    
Sumber
Belajar
·        
Buku paket Esis Biologi Jilid 1
·        
Internet
·        
LKS
·        
Buku lain yang relevan
G.   
Penilaian
·        
Ulangan
Akhir Semester (Pilihan ganda)
| 
 Indicator | 
Penilaian | 
Bentuk
  Instrumen | 
Contoh
  Soal | 
| 
2.5.1       
  Mendeskripsikan ciri-ciri umum
  kingdom fungi. | 
Ulangan
  akhir semester | 
Pilihan
  ganda | 
Spora
  yang terbentuk aseksual adalah… 
a.      
  Askospora 
b.     
  Basidiospora 
c.      
  Konidiospora 
d.     
  Basidiospora dan konidiospora 
e.      
  Askospora dan konidiospora | 
| 
2.5.2       
  Mendeskripsikan ciri khusus dari
  kelas Zygomycota dan Ascomycota. | 
Ulangan
  akhir semester 
Postest
   | 
Pilihan
  ganda | 
     Tempe dibuat dari bahan kacang kedelai.
  Menjadi tempe karena peranan… 
a.       Neurospora sitophila  
b.      Phitoptora faberi 
c.       Phitoptora infestans 
d.      Penicilium requeforti 
e.       Rhizopus oligosporus | 
·        
Psikomotor
Jenis Tagihan                     :  Responsi, Tugas
Bentuk Tagihan                 :  tugas.
·        
Sikap
Tipe Tagihan                     :  Sikap
Jenis Tagihan                     :  Responsi
Bentuk Tagihan                 :  Sikap di kelas
Mengetahui
                                                                            Jakarta, 21 November 2011
Kepala
SMA Negeri 6 Jakarta                                                Guru Biologi
Dra.
Kadarwati Mardiutama, M.Si.                                        Nurhayati
NIP/NRK
19620523 198602 2 003 / 135014                         NIM
3415081964
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar