Entri Populer

Sabtu, 12 Mei 2012

RPP KELAS XI SISTEM SIRKULASI


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
A.    Identitas
·         Nama Sekolah                   : SMA Negeri 6 Jakarta
·         Mata Pelajaran                  : Biologi
·         Kelas/Program/Semester   : XI IPA/1
·         Standar Kompetensi         : 3. Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan/ penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada salingtemas.
·         Kompetensi Dasar             : 3.2. Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi dan proses serta kelainan/ penyakit yang dapat terjadi pada sistem peredaran darah.
·         Indikator Pencapaian        :
3.2.1. Menjelaskan stuktur komponen penyusun darah dan proses pembekuan darah.
·         Alokasi Waktu: 2 x 45 menit

B.     Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa mampu menjelaskan komponen penyusun darah berupa plasma darah beserta fungsinya.
2.      Siswa mampu menjelaskan komponen-komponen sel darah beserta fungsinya.
3.      Siswa mampu menjelaskan proses pembekuan darah.

C.    Materi Pembelajaran
Darah
sel-darahKomponen darah yaitu plasma darah dan sel-sel darah. Sel darah terdiri atas Eritrosit (sel darah merah), Leukosit (sel darah putih), dan Trombosit (keping darah).




Fungsi Darah
1. Mengedarkan sari makanan ke seluruh tubuh yang dilakukan oleh plasma darah
2. Mengangkut sisa oksidasi dari sel tubuh untuk dikeluarkan dari tubuh yang dilakukan oleh plasma darah, karbon dioksida dikeluarkan melalui paru-paru, urea dikeluarkan melalui ginjal
3. Mengedarkan hormon yang dikeluarkan oleh kelenjar buntu (endokrin) yang dilakukan oleh plasma darah.
4. Mengangkut oksigen ke seluruh tubuh yang dilakukan oleh sel-sel darah merah
5. Membunuh kuman yang masuk ke dalam tubuh yang dilakukan oleh sel darah putih
6. Menutup luka yang dilakuakn oleh keping-keping darah
7. Menjaga kestabilan suhu tubuh.
Komponen Darah
a. Plasma Darah
Plasma darah pada dasarnya adalah larutan air yang mengandung : albumin, bahan pembeku darah(fibrinogen), immunoglobin (antibodi), hormon, berbagai jenis protein, dan berbagai jenis garam.
b.  Sel darah merah atau eritrosit (sekitar 99%).
Eritrosit tidak mempunyai nukleus sel ataupun organela, dan tidak dianggap sebagai sel dari segi biologi. Eritrosit mengandung hemoglobin dan mengedarkan oksigen. Sel darah merah juga berperan dalam penentuan golongan darah. Orang yang kekurangan eritrosit menderita penyakit anemia.
c. Keping-keping darah atau trombosit (0,6 - 1,0%)
Trombosit bertanggung jawab dalam proses pembekuan darah.
d. Sel darah putih atau leukosit (0,2%)
Leukosit bertanggung jawab terhadap sistem imun tubuh dan bertugas untuk memusnahkan benda-benda yang dianggap asing dan berbahaya oleh tubuh, misal virus atau bakteri. Leukosit bersifat amuboid atau tidak memiliki bentuk yang tetap. Orang yang kelebihan leukosit menderita penyakit leukimia, sedangkan orang yang kekurangan leukosit menderita penyakit leukopenia.
Proses Pembekuan Darah
D.    Metode Pembelajaran
Diskusi-tanya jawab

E.     Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1                                        2 x 45 menit
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
1.      Kegiatan Awal
·         Orientasi: guru menceritakan tentang pengalaman terluka. Serta guru menyampaikan pengertian sistem sirkulasi.
·         Apersepsi: guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan mendasar tentang peredaran darah yang mengarahkan siswa untuk mengetahui tujuan dari mempelajari sistem sirkulasi.
·         Motivasi: guru memotivasi siswa dengan cara menampilkan video tentang komponen darah. (PK: Menumbuhkan sikap demokratis dan berpikir kritis,
5 menit
2.      Kegiatan Inti
·         Eksplorasi: Dari video komponen darah yang ditampilkan, guru meminta siswa untuk menjelaskan tentang komponen darah. Selanjutnya guru melengkapi jawaban dari siswa.
·         Elaborasi: Guru menyajikan materi macam-macam komponen penyusun darah. Guru selanjutnya menunjukkan gambar-gambar komponen penyusun darah seperti plasma darah, sel darah merah, sel darah putih, dan keping darah. Siswa diarahkan untuk mencermati gambar macam-macam bagian-bagian dari masing-masing komponen penyusun darah. guru menunjuk siswa secara bergantian untuk menyebutkan dan mendeskripsikan struktur dan fungsi dari masing-masing komponen penyusun darah. Guru menunjukkan skema pembekuan darah dan meminta salah satu siswa untuk menjelaskan proses pembekuan darah.
   Konfirmasi: Dari alasan dan jawaban yang siswa berikan, guru memulai menanamkan konsep mengenai struktur dan fungsi masing-masing komponen penyusun darah dan proses pembekuan darah.
70 menit
3.        Kegiatan Penutup
·         Siswa diminta untuk menarik kesimpulan dari keseluruhan materi yang telah dipelajari dan dibahas bersama.
   Guru menyampaikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya dan siswa diminta untuk mempersiapkan diri untuk pembelajaran selanjutnya.
   Guru memberikan tugas untuk mengerjakan Evaluasi Bab 5 pada buku Esis halaman 141-144.
15 menit

F.     Sumber Belajar
·         Buku paket Esis Biologi Jilid 1
·         Video komponen darah
·         Internet
·         LKS
·         Buku lain yang relevan

G.    Penilaian
·         Ulangan Akhir Semester (Pilihan ganda)
Indikator
Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Soal
3.2.1. Menjelaskan stuktur komponen penyusun darah dan proses pembekuan darah
Ulangan Akhir Semester
Pilihan ganda
Limfosit merupakan leukosit yang berfungsi sebagai …
a.       Pembentuk antibody
b.      Menguraikan antigen
c.       Menghancurkan antigen
d.      Menurunkan jumlah antibody
e.       Memakan kuman penyakit
(Skema pembekuan darah)
Pada skema pembekuan darah di atas, nomor 1, 2, dan 3 secara berturut-turut adalah …

·         Psikomotor
Jenis Tagihan               :  Responsi, Tugas
Bentuk Tagihan           :  tugas.
·         Sikap
Tipe Tagihan               :  Sikap
Jenis Tagihan               :  Responsi
Bentuk Tagihan           :  Sikap di kelas

                                                                          Jakarta, 20 November 2011
Mengetahui                                                                                        
Kepala SMA Negeri 6 Jakarta                                                Guru Biologi




Dra. Kadarwati Mardiutama,M.Si                                          Nurhayati
NIP/NRK 19620523 198602 2 003 / 135014                         NIM. 3415081964

1 komentar: