RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A. Identitas
· Nama
Sekolah : SMA
Negeri 6 Jakarta
· Mata
Pelajaran :
Biologi
· Kelas/
Program/ Semester : XI/ IPA/ 1
·
Standar Kompetensi : 2. Memahami keterkaitan antara struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dan hewan, serta
penerapannya dalam konteks salingtemas.
· Kompetensi
Dasar : 2.1.Mengidentifikasi struktur jaringan tumbuhan dan mengkaitkannya dengan fungsinya, menjelaskan
sifat totipotensi sebagai dasar kultur jaringan.
· Indikator
Pencapaian : 1. Mengidentifikasi macam-macam jaringan pada tumbuhan.
· Alokasi
Waktu : 2 X 45
menit
B. Tujuan
Pembelajaran
1. Siswa mampu menyebutkan macam-macam
jaringan pada tumbuhan.
2.
Siswa
mampu mendeskripsikan karakteristik, struktur dan fungsi jaringan-jaringan
meristem, epidermis, parenkim, penyokong, pengangkut dan jaringan gabus.
C. Materi
Pembelajaran
· Jaringan
tumbuhan:
1.
Jaringan meristem
2.
Jaringan epidermis
3.
Jaringan parenkim
4.
Jaringan penyokong
a.
Kolenkim
b.
Sklerenkim
5.
Jaringan pengangkut
a.
Xilem
b.
Floem
6.
Jaringan gabus
D. Metode
Pembelajaran
Menggunakan
pendekatan Contextual Learning dan
salingtemas, dengan strategi Cooperative
Learning dengan menerapkan metode pembelajaaran Jig Saw II dan diskusi
informasi.
E. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan 1 2 X 45 menit
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
WAKTU
|
1. Kegiatan
Awal
· Orientasi, guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
· Apersepsi, siswa
mengerjakan pre-test yang diberikan oleh guru.
· Motivasi, guru
meningkatkan semangat belajar biologi siswa dengan cara menceritakan manfaat
mempelajari jaringan tumbuhan.
|
5
menit
|
2. Kegiatan
Inti
· Siswa dibentuk menjadi 8 (delapan)
kelompok. (Eksplorasi)
· Masing- masing kelompok diberikan
5 masalah yang berbeda.
· Setiap perwakilan masing-masing
kelompok harus mampu menguasai salah satu masalah yang diberikan guru.
· Setiap perwakilan dari tiap
kelompok membentuk kelompok berdasarkan masalah yang dikuasai (kelompok ahli)
dengan didampingi guru.
· Masing-masing kelompok ahli
diberikan waktu 10 menit untuk
berdiskusi (Eksplorasi). (Menumbuhkan sikap demokratis, berpikir kritis,
jujur dan sportif dalam diskusi)
· Setiap perwakilan dari kelompok
ahli kembali ke kelompok asal.
· Setiap perwakilan secara
bergantian menjelaskan masalah yang dikuasai kepada teman sekelompoknya
(kelompok asal). (Elaborasi)
|
80
menit
|
3. Kegiatan
Akhir
· Siswa merangkum tentang jaringan
tumbuhan dari hasil diskusi. (Elaborasi)
· Guru memotivasi siswa dengan
mengingatkan kembali untuk membaca ulang.
|
5
menit
|
F.
Sumber Belajar
·
Buku
paket Esis Biologi Jilid 2
·
Internet
·
LKS
·
Buku
lain yang relevan
G. Penilaian
Indikator
|
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Soal
|
2.1.1. Mengidentifikasi macam-macam jaringan
pada tumbuhan.
|
Post-Test
Ulangan
awal semester
|
Uraian
Uraian
|
Jelaskan
yang kalian ketahui tentang jaringan-jaringan pada tumbuhan!
Jelaskan
struktur, fungsi dan karakteristik khusus pada jaringan meristem, epidermis,
parenkim, penyokong, pengangkut dan gabus!
|
Mengetahui Jakarta,
Agustus 2011
Kepala SMA
Negeri 6 Jakarta Guru
Mata Pelajaran
Dra. Kadarwati
Mardiutama, M.Si. Nurhayati
NIP/NRK 19620523
198602 2 003 / 135014 NIM
3415081964
Tidak ada komentar:
Posting Komentar