Entri Populer

Sabtu, 12 Mei 2012

RPP KELAS XI JARINGAN TUMBUHAN


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

A.  Identitas
·      Nama Sekolah                           : SMA Negeri 6 Jakarta
·      Mata Pelajaran                           : Biologi
·      Kelas/ Program/ Semester          : XI/ IPA/ 1
·     Standar Kompetensi                  : 2. Memahami keterkaitan antara struktur dan fungsi                                                     jaringan tumbuhan dan hewan, serta penerapannya                                                               dalam konteks salingtemas. 
·      Kompetensi Dasar                     : 2.1.Mengidentifikasi struktur jaringan tumbuhan dan                                                    mengkaitkannya dengan fungsinya, menjelaskan sifat                                                           totipotensi sebagai dasar kultur jaringan.
·      Indikator Pencapaian                 : 1. Mengidentifikasi macam-macam jaringan pada                                                             tumbuhan.
·      Alokasi Waktu                           : 2 X 45 menit

B.  Tujuan Pembelajaran
1.    Siswa mampu menyebutkan macam-macam jaringan pada tumbuhan.
2.    Siswa mampu mendeskripsikan karakteristik, struktur dan fungsi jaringan-jaringan meristem, epidermis, parenkim, penyokong, pengangkut dan jaringan gabus.

C.  Materi Pembelajaran          
·      Jaringan tumbuhan:
1.    Jaringan meristem
2.    Jaringan epidermis
3.    Jaringan parenkim
4.    Jaringan penyokong
a.    Kolenkim
b.    Sklerenkim
5.    Jaringan pengangkut
a.    Xilem
b.    Floem
6.    Jaringan gabus

D.  Metode Pembelajaran
Menggunakan pendekatan Contextual Learning dan salingtemas, dengan strategi Cooperative Learning dengan menerapkan metode pembelajaaran Jig Saw II dan diskusi informasi.
E.   Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1                                   2 X 45 menit
KEGIATAN PEMBELAJARAN
WAKTU
1.    Kegiatan Awal
·      Orientasi, guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
·      Apersepsi, siswa mengerjakan pre-test yang diberikan oleh guru.
·      Motivasi, guru meningkatkan semangat belajar biologi siswa dengan cara menceritakan manfaat mempelajari jaringan tumbuhan.
5 menit
2.    Kegiatan Inti
·      Siswa dibentuk menjadi 8 (delapan) kelompok. (Eksplorasi)
·      Masing- masing kelompok diberikan 5 masalah yang berbeda.
·      Setiap perwakilan masing-masing kelompok harus mampu menguasai salah satu masalah yang diberikan guru.
·      Setiap perwakilan dari tiap kelompok membentuk kelompok berdasarkan masalah yang dikuasai (kelompok ahli) dengan didampingi guru.
·      Masing-masing kelompok ahli diberikan waktu  10 menit untuk berdiskusi (Eksplorasi). (Menumbuhkan sikap demokratis, berpikir kritis, jujur dan sportif dalam diskusi)
·      Setiap perwakilan dari kelompok ahli kembali ke kelompok asal.
·      Setiap perwakilan secara bergantian menjelaskan masalah yang dikuasai kepada teman sekelompoknya (kelompok asal). (Elaborasi)
80 menit
3.    Kegiatan Akhir
·      Siswa merangkum tentang jaringan tumbuhan dari hasil diskusi. (Elaborasi)
·      Guru memotivasi siswa dengan mengingatkan kembali untuk membaca ulang.
5 menit

F.   Sumber Belajar
·         Buku paket Esis Biologi Jilid 2
·         Internet
·         LKS
·         Buku lain yang relevan
G. Penilaian
Indikator
Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Soal
2.1.1. Mengidentifikasi macam-macam jaringan pada tumbuhan.
Post-Test





Ulangan awal semester
Uraian





Uraian
Jelaskan yang kalian ketahui tentang jaringan-jaringan pada tumbuhan!
Jelaskan struktur, fungsi dan karakteristik khusus pada jaringan meristem, epidermis, parenkim, penyokong, pengangkut dan gabus!


Mengetahui                                                                             Jakarta, Agustus 2011
Kepala SMA Negeri 6 Jakarta                                                Guru Mata Pelajaran


Dra. Kadarwati Mardiutama, M.Si.                                        Nurhayati
NIP/NRK 19620523 198602 2 003 / 135014                         NIM 3415081964

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar